Mengenal Jenis Truk yang Dipakai dalam Dunia Logistik

26 Aug by Admin

Mengenal Jenis Truk yang Dipakai dalam Dunia Logistik

Truk saat ini menjadi salah satu transportasi yang dipakai banyak pihak untuk mendistribusikan barang, khususnya jalur darat. Biaya pemakaian kendaraan ini diketahui lebih murah dibandingkan sarana transportasi udara dan laut. Tak heran, banyak orang memakai jasa truk untuk mengangkut kargo atau barang mereka dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Di dalam industri logistik, kehadiran truk sangat diperlukan untuk mendistribusikan barang ke berbagai tempat. Produsen pun dapat memperoleh keuntungan karena barang produksinya dapat sampai ke pelanggan secara aman. Seperti apa jenis truk yang dipakai dalam dunia logistik? Berikut adalah 5 tipe truk di antaranya:

1. Pick Up

Ciri khas truk tipe ini terletak pada kabinnya yang tertutup serta bak belakangnya yang terbuka. Bagian bak tersebut menjadi tempat menaruh beragam jenis kargo atau barang bawaan. Banyak orang menggunakan pick-up untuk keperluan niaga serta pekerjaan yang melibatkan aktivitas antar jemput barang.

Mobil pick-up sendiri memiliki kapasitas muatan yang terbilang kecil dibandingkan truk-truk lainnya. Kendaraan ini terdiri atas dua jenis, yakni pick-up single cabin dan pick-up double cabin. Pemakaian dua jenis pick-up tersebut baiknya disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

2. Truk Wing Box

Salah satu keistimewaan truk wing box berada pada desainnya yang memudahkan akses bongkar muat barang dalam kurun waktu cepat. Truk ini didukung box dengan tingkat keamanan cukup terjamin karena terbuat dari bahan besi. Dengan demikian, kualitas barang atau muatan di dalamnya dapat terjaga baik.

Panjang truk wing box kurang lebih mencapai 9,2 meter. Kendaraan ini memiliki lebar sekitar 2,45 meter dengan box setinggi 2,4 meter. Anda dapat memakai truk ini untuk mengantarkan barang bermuatan 25000 – 30000 kg.

3. Truk Engkel

Truk ini merupakan salah satu kendaraan yang dirilis perusahaan Mitsubishi. Kapasitas maksimal truk engkel adalah 14000 kg. Truk engkel memiliki bak terbuka yang berfungsi sebagai tempat menaruh muatan. Bak tersebut biasanya dilapisi terpal untuk melindungi barang di dalamnya.

Baca Juga:  6 Alasan Warehouse Sangat Diperlukan Pelaku Industri

Jika Anda berniat mengantarkan barang yang tak terlalu banyak dengan jangkauan tujuan pembongkaran berubah-ubah, truk ini adalah pilihan yang tepat. Truk engkel diketahui memiliki panjang sekitar 6 meter dan lebar 2,45 meter. Sementara itu, kotak di area belakangnya mempunyai tinggi sekitar 1,8 meter.

Baca Juga:  Cacao & Cardamom is a Houston Chocolatier in which Couples are could find Regali artigianali per addolcire una vacanza o Anniversario

4. Truk Trailer

Dikenal sebagai transportasi berdaya angkut sangat kuat, truk trailer cocok untuk mengantarkan alat-alat serta kendaraan berat. Truk ini kabarnya sanggup menampung barang seberat 20 – 60 ton. Anda tentu dapat memilih truk trailer untuk mengangkut barang yang besar dari segi volume dan tonase

Kendaraan ini juga pas untuk membawa muatan jenis container. Pasalnya, truk trailer ditunjang fitur lock system di bagian bak. Truk ini memiliki bak sepanjang 14 meter dengan lebar 2,5 meter sehingga dapat membawa barang secara lebih dinamis. Jumlah muatan maksimal truk trailer adalah 45000 kg. Jenis-jenis truk trailer di antaranya adalah flat track, flatbed, lowbed, box dan lain-lain.

5. Truk Box Colt Diesel Double (CDD)

Truk ini memilki sejumlah kesamaan dengan Colt Diesel Engkel (CDE) karena jenisnya sama. Perbedaan terletak pada dimensinya yang lebih besar dibandingkan CDE. Truk berkapasitas 4 ton ini juga memiliki jumlah ban lebih banyak ketimbang CDE. Truk CDD memiliki  2 ban di depan dan 4 ban di belakang.

Demikian informasi seputar truk yang dipakai dalam dunia logistik. Meraseti Group sebagai perusahaan logistik terpadu juga memiliki beragam armada transportasi darat yang siap mengantarkan barang Anda ke mana pun Anda mau. Kami berkomitmen untuk mendistribusikan barang pelanggan dengan cara paling efisien dan efektif setiap waktu.

Sumber: kargo.tech, boksman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *