6 Alasan Warehouse Sangat Diperlukan Pelaku Industri

1 Sep by Admin

6 Alasan Warehouse Sangat Diperlukan Pelaku Industri

Pernahkah Anda mendengar kata “warehouse”? Bagi sebagian orang, istilah ini mungkin tak terasa asing, terlebih jika Anda bekerja dalam industri logistik. Warehouse atau gudang merupakan tempat penyimpanan barang atau produk yang dirilis suatu pabrik.

 Kehadiran warehouse sangat diperlukan pelaku industri untuk menyimpan barang mereka sebelum akhirnya diekspor atau diedarkan untuk dijual. Selain berfungsi sebagai penyimpanan barang, warehouse sejatinya punya kegunaan lain yang sangat penting dalam kegiatan ekspor dan impor. Apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 5 alasan mengapa warehouse dibutuhkan banyak pelaku industri.

1. Tempat Distribusi dan Konsolidasi

Setiap produsen membutuhkan jasa distributor untuk mengantarkan produk ke tangan konsumen. Sebelum barang tiba ke tangan konsumen, produsen akan menaruhnya ke tempat distribusi terlebih dahulu. Di sinilah peran warehouse terasa sangat dibutuhkan.

Distributor diketahui menjadikan warehouse sebagai tempat uji kelayakan barang sekaligus penyimpanan barang. Barang yang sudah melewati proses distribusi dan terbukti memenuhi standar akan lanjut memasuki tahap pengemasan (packing). Setelah itu, distributor baru dapat mengirimkan barang ke tempat tujuan.

2. Ruang untuk Berkoordinasi Penawaran dan Permintaan

Warehouse sejatinya lebih dari sekadar tempat menaruh barang. Bangunan ini juga dapat menjadi tempat mengoordinasikan pemasukan dan permintaan barang. Anda dapat mengamati tingkat permintaan di pasar sehingga mengetahui volume produksi yang dibutuhkan. Pelaku industri tentu perlu menyesuaikan barang produksinya sesuai dengan permintaan dan kondisi terkini pasar.

3. Menjamin Ketersediaan Barang

Fungsi lain dari warehouse adalah membuat aktivitas menjadi lebih terfokus. Setiap gudang hendaknya menghadirkan layanan yang mampu menjamin ketersediaan barang. Selain itu, pihak warehouse juga perlu memastikan seluruh proses permintaan barang dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga:  する偉大な性的化学提案 あなたは5月 とどまる 一緒に?

4. Diperlukan dalam Proses Produksi Akhir Sejumlah Barang

Setiap barang produksi pabrik memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Kualitas sejumlah barang diketahui dapat meningkat ketika disimpan lebih lama di suatu ruangan. Itulah mengapa beberapa produsen melibatkan warehouse dalam proses terakhir produksi mereka. Contoh barang yang kualitasnya bertambah saat disimpan lebih lama adalah keju dan anggur.

5. Penyimpanan Barang yang Lebih Terorganisir dan Terjaga

Di dalam warehouse, setiap barang kiriman produsen akan mendapat layanan sesuai sifat dan jenisnya masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar kualitas barang tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen. Sebagai contoh, produk buah-buahan akan ditempatkan dalam ruang pendingin agar tetap segar dan aman.

6. Mempercepat Proses Pengiriman

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, produsen tentu harus memikirkan strategi terbaik agar produknya tiba tepat waktu. Kehadiran warehouse dinilai cukup menunjang kecepatan pengiriman pasokan ke pasar karena didukung sistem manajemen dan teknologi memadai. Ketepatan waktu tiba barang tentunya akan menambah rasa percaya konsumen terhadap produsen.

Demikian 6 alasan mengapa warehousing sangat diperlukan banyak pelaku industri. Meraseti Group sendiri jugamenyediakan layanan warehouse bagi pelaku kegiatan ekspor dan impor. Pelayanan yang diberikan warehouse milik Meraseti Group adalah stock placement and removal, picking and packing, inventory management service, cross-docking, consolidation dan deconsolidating of truck loads. Semua pelayanan ini ditujukan untuk membuat kualitas barang Anda tetap terpelihara.

Sumber: kargo.tech, ruangguru.co, adalah.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *