4 Ragam Jenis Forklift di Industri Logistik dan Keunikannya

26 Sep by Admin

4 Ragam Jenis Forklift di Industri Logistik dan Keunikannya

Di dalam bidang industri logistik, para pekerja biasanya memindahkan barang kiriman dengan alat khusus. Salas satu alat yang dipakai pekerja logistik untuk memudahkan proses pengangkutan barang adalah forklift. Melalui alat ini, pekerja dapat mengangkat atau menurunkan benda berat berkapasitas besar secara lebih cepat dan hati-hati.

Para pekerja di lapangan biasanya mengoperasikan forklift dengan duduk di sebuah tempat tertentu. Sama seperti truk, forklift juga memiliki banyak jenis dengan karakteristik berbeda. Alat ini dibekali beragam fitur unggulan yang mampu mempercepat proses pemindahan barang dari kapal ke truk atau sebaliknya. Forklift juga kerap digunakan orang-orang yang bekerja di gudang.

Lalu, apa saja jenis forklift yang dipakai dalam bidang industri logistik? Apa saja keunggulannya? Berapakah kapasitas dan berat maksimum barang yang mampu diangkut alat ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah jenis-jenis forklift yang dipakai dalam bidang logistik beserta kelebihannya.

1.  Forklift Gasoline

Banyak orang menggunakan forklift ini untuk proses bongkar muat. Pekerja logistik juga kerap memakainya untuk memindahkan muatan dari suatu tempat ke tempat lain. Forklift diesel cocok dipakai untuk menata rak-rak berukuran tinggi.

Anda  bisa mengoperasikan forklift jenis ini untuk mengangkut barang berkapasitas maksimal 2 ton. Selain itu, forklift gasoline juga dapat dimanfaatkan untuk mengangkat barang dengan ketinggian maksimal 2 meter. Sebagian pekerja logistik memakai alat ini di dalam ruangan karena ukurannya terbilang kecil.

Forklift gasoline memakai bahan bakar gas sehingga tergolong jenis alat yang ramah lingkungan. Meski demikian, hal ini kerap menjadi pertimbangan bagi penyewa karena lokasi pengisian ulang bahan bakarnya sulit dicari.

2. Forklift Elektrik

Forklift satu ini mampu mengangkat dan menurunkan barang berkapasitas besar dengan berat maksimal 5 ton. Pekerja logistik biasanya mengoperasikan forklift elektrik di dalam ruangan. Pasalnya, tenaga alat ini bersumber dari baterai yang perlu diisi ulang dengan aliran listrik. Meski begitu, Anda juga tetap bisa menggunakannya di luar ruangan.

Sama seperti forklift gasoline, alat ini juga termasuk jenis kendaraan ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik. Forklift elektrik kabarnya mampu mengangkut barang hingga ketinggian 6 meter. Banyak orang memakai alat ini di area pelabuhan, ruangan pabrik, gudang dan lain-lain.

Baca Juga:  Meninjau Potensi Komoditas Perikanan Indonesia di Kancah Global

Forklift elektrik tidak dapat dipakai secara berkala atau terus-menerus. Tenaga alat ini ditunjang baterai yang hanya mampu bertahan sekitar 8 jam. Oleh sebab itu, pekerja juga perlu mengisi ulang daya baterai alat ini sebelum kembali digunakan.

3. Forklift Diesel

Ini adalah salah satu jenis forklift paling populer di dalam bidang industri logistik. Pekerja biasanya mengoperasikan forklift diesel di luar ruangan. Pengguna forklift ini biasanya berasal dari kalangan perusahaan atau pabrik karena harga sewanya terjangkau serta perawatannya mudah.

Forklift diesel didesain untuk mengangkut muatan dengan berat maksimal 10 ton. Melalui alat ini, pekerja dapat mengangkat muatan hingga ketinggian 6 meter. Forklift diesel jarang dioperasikan di dalam ruangan karena bahan bakarnya menggunakan solar berisi emisi gas berbahaya. Emisi tersebut dapat membahayakan kesehatan pekerja jika terhirup terlalu banyak.

4. Forklift Reach Truck

Forklift ini memiliki persamaan dengan forklift elektrik pada tenaganya yang bersumber dari baterai isi ulang. Alat ini berkemampuan mengangkat barang seberat 2 ton hingga ketinggian 8,5 meter. Forklift reach truck mempunyai fitur pallet sehingga mampu memindahkan barang dari satu area ke area lain secara mudah.

Jasa penyewaan kabarnya sering merekomendasikan forklift ini. Pasalnya, ukuran dan sumber tenaganya sangat menunjang proses pengangkutan atau kegiatan logistik. Banyak pihak memakai forklift reach truck untuk memindahkan barang di dalam pabrik. Perawatan alat ini relatif mudah dan tidak memakan biaya mahal. Pengguna disarankan memakainya sesuai porsi agar kualitasnya terjaga dari waktu ke waktu.

Demikian informasi tentang jenis-jenis forklift yang ada di industri logistik. Meraseti Group sebagai perusahaan logistik terpadu menawarkan jasa bongkar muat yang sudah dilengkapi armada forklift di area pelabuhan. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi menyewa forklift untuk memindahkan barang secara cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *